Selasa, 29 September 2009

Akibat langsung Perubahan Iklim Global pada kepunahan Species

Banjir yang terlalu sangat, Panas yang menyengat, dingin yang kelewat dingin, dan perubahan suhu pertengahan tahun ini dibandingkan tahun lalu mungkin baru gejala awal, dari perubahan iklim global yang terjadi. Salah satu akibat langsung dari perubahan iklim adalah bertambah banyaknya jumlah binatang berjenis kelamin jantan daripada jumlah betinanya. Seperti diketahui buaya dan reptil lainnya selalu menghangatkan telurnya dalam timbunan sampah busuk yang berupa kompos. perubahan iklim di sekitarnya akan merubahjumlah telur yang berjenis betina dalam kumpulan telur itu. kondisi panas -dingin di sekitar telur akan berakibat pada keasaman kondisi sekelilingnya yang langsung mempengaruhi apakah telur itu akan berjenis kelamin jantan atau betina. iklim yang rutin terjadi setiap waktu akan , membuat variasi jenis kelamin jantan telur dan betinanya berada dalam kondisi seimbang.
Suhu bumi yang naik terus menerus akan mempengaruhi setiap species binatang non mamalia sangat terancam. Salah satunya adalah species ikan Jurung di Asia, ikan yang bernama Ilmiah Tor Soro dan beberapa jenis lainnya yang hidup di aliran sungai air deras, akan mengalami hal serupa .

2 komentar:

  1. akibat pemanasan global, sepertinya teknologi feminisai bisa di aplikasikan untuk meningkatkan jumlah ikan betina agar kepunahan species dapat terhindar....

    BalasHapus
  2. Kami sebagai peneliti ikut berkewajiban dalam mengatasi kepunahan species yang salah satu nya adalah ikan Tor soro, di tempat kami ikan ini sudah dapat dibudidayakan mulai dari teknologi adaptasi, percepatan pematangan gonad serta pemijahan secara buatan, serta pemeliharaan anakannya sudah kami kerjakan tinggal pengembangannya di masyarakat, kami tunggu masyarakat yang berminat untuk mengembangkan ke arah komersial.

    BalasHapus