Selasa, 28 Desember 2010

macan sungai

dan Akhir tahun ini posting saya akhiri dengan satu foto dari  profilnya kang Arif di facebook.  Pertengahan november lalu pak Son mengajak saya bergabung di HVM - hampala van magelang, grup pemancing Hampala yang sebagian berdomisili di Mgl dan Jogja.  Satu hal yang saya salut dari HVM adalah satu dari sekian banyak pemancing yang selalu melepas ikan yang mereka dapat dari  sungai, habitat ikan Hampala. 
Hebatnya lagi,  setiap mendapatkan ikan dari hasil pancing, selalu saja ikan itu dipelihara untuk selanjutnya direlokasi di tempat lain.

saat melihat foto dari kang arif itu, saya tak henti-hentinya menatap mata2 merah milik ikan itu.......suatu kebetulan yang amat sangat, waktu kang arif motret, secara bersamaan semua mata mereka memantulkan sinar cahaya blitz.......timingnya pas banget.
foto ini yang membuat saya memberi julukan  " macan sungai"  pada hampala-hampala liar di perairan sana.......
saya mohon maaf pada sidang pembaca blog ini, selama setahun ini memang terlihat saya tidak terlalu banyak berkata-kata, lebih banyak mengungkapkannya lewat gambar dan foto sahaja.


selamat tahun baru 2011..

Jumat, 17 Desember 2010

ternyata keturunan KI Ageng Selo ada di daratan Tiongkok


 Gambar diatas adalah capture dari video clip di internet yang memuat cuplikan berita itu, gak akan banyak komentar ah... silakan lihat sendiri di :  Woman Gets 10000 Volt Shock:   and fortunately, she is alive, after pointing her finger to the officer down there....wkwkwkwkwkwwkk......
ada yang bisa bantu terjemahkan isi beritanya...?

Selasa, 14 Desember 2010

a song never heard this way before...........




Waktu saya hidupin tv nonton berita, ternyata yang nongol berita demostrasi ribuan warga Jogja di depan DPRD Yogyakarta. Yang uniknya, ditenggah aksi demo ribuan warga Jogja yang berunjuk rasa akibat polemik keistimewaan Yogyakarta, saya melihat melalui layar televisi sekumpulan anak muda menyanyikan lagu bergenre hip-hop berbahasa jawa yang belum pernah saya dengar. Lagunya mantep terdengar ditelinga saya. Merasa penasaran akhirnya saya googling dan akhirnya nemu juga tuh lagu. Judul "Jogja tetap istimewa", penyanyinya kalo gak salah "Jogja Hip Hop Foundation. Nah, kalo mo dengerin atau donwoad dah saya siapin linknya di sini.







Download MP3 Jogja Tetap Istimewa

this post -put here as seen at the original site @ www.mampirbro.blogspot.com

Kamis, 09 Desember 2010

Petir diatas Merapi

original pict.
(double click on pictures to enlarge)
Gunung Meletus dengan petir di puncaknya,  lagi-lagi pemandangan yang luar biasa. 

saat melihat asap vulkaniknya, saya tidak bisa mengabaikan imajinasi saya untuk melihat "wajah karikatural" yang muncul dari sana, tampak seraut wajah karikatur mirip Paman SAm - tokoh kartun Amrik yang berwajah tua, keriput, hidungnya agak overkompensasi oversize, bibir yang  berlebih dan gigi depan dan menjulur ke bawah...........ah...awan dan asap kadang2  bisa berbentuk sesuatu.


dan di arah jam 2 lagi-lagi awan itu membentuk sesosok raja jawa yang memakai pakaian kebesaran, mengingatkan saya saat pada pakaian kebesaran Gusti Djatun - HB IX saat dilantik.

photoshoped pict

( doubleclick on picture to enlarge)

ah...itu hanya imajinasi liar saya saja...........

Pelangi Diatas Baobab ( National Geography picture )

Apa yang lebih indah dari pelangi...
dan kali ini gambarnya saya pasang menabrak frame blog, hanya demi memaksimalkan penampakannya.......
@copyright National Geography


Rabu, 08 Desember 2010

makaroni kanoloni

kira-kira jika anda membaca resep berikut ini , apa yang ada dalam pikiran anda:



 saya tidak akan membaca sampai tulisan paling bawah, karena jelas pasti saya tidak akan tau artinya, itu pasti.


Tapi kemungkinan isinya menerangkan resep makaroni kanoloni, bahan dasar dan cara membuatnya.....itu baru kemungkinan..........


keisengan saya bermula ketika melihat siaran televisi Bosnia Herzegovina di bagian bawah situs ini,  ternyata shopping channnel-  saudara-saudara.
Dilatar belakangi musik ala Balkan, penyanyi pria bersuar sopran, alat musiknya cuma akordion.......busset...70'an banget....hehe..
saya tidak akan menyinggung tentang masakan bosnia, atau tulisan di resep itu,  saya teringat konflik di negara balkan itu yang meroketkan beberapa issue seperti -pembantaian etnis, penembak jitu, kejahatan perang, etcetera-etcetera. Apabila sekarang negara itu sudah punya shopping channel- artinya masyarakatnya sudah mulai tenteram dan konsumtif...itu baru kemungkinan......

saya jadi ingat cerita  masa kecil saya tentang semenanjung Balkan - runtuhnya kekaisaran Ottoman dan  konflik balkan yang sudah berakar ratusan tahun yang lalu. Sejak berakhirnya perang Bosnia, banyak imigran bosnia yang mencari suaka ke Eropah dan Amerika. penampilan fisik mereka yang sangat europis tentu saja tidak akan menarik perhatian penegak hukum disana.
Tapi ternyata dendam masa perang 1992 itu masih membekas, salah satu organisasi nirlaba yang mengawasi gerak-gerik mereka membuat situs bernama www.militantislammonitor.org yang mencatat semua kejadian yang melibatkan imigran muslim bosnia itu - di Amerika, Salt LakeCity - Utah.


Perang meninggalkan luka, dendam dan penderitaan. di sisi lain dia akan meninggalkan warisan kisah perjuangan,cerita rakyat dan catatan sejarah.
Tapi Balkan akan tetap seperti itu-  terpinggirkan , kecuali api peperangan kembali membara disana.
Mungkin itu salah satu alasan kenapa catatan Amerika  dan issue kawat diplomatik yang heboh belakangan ini
menjadikan Turki  sebagai fokus utama perhatian mereka.


http://www.militantislammonitor.org/article/id/2773




eh...judul dan isinya ...nggak nyambung ya..........................ya  maaf...........hehehe.

watch out ...julian assange is under your basement...

http://www.allvoices.com/cartoons/c/68182700-Assange-is-watching-You

GERAKAN SYAHWAT MERDEKA dan Tuhan 9 cm.

  (Atau tentang rasa malu yang redup tenggelam di tanah air kita)



Reformasi sebagai gelombang raksasa
Membawa perubahan politik dahsyat satu dasawarsa
Dan menumpang masuklah penghancur nilai-nilai luhur bangsa,
Penumpang destruktif pelaksana
Dengan ciri kerja gabungan utama:
Permisif: serba boleh
Adiktif: serba kecanduan
Brutalistik: serba kekerasan
Transgresif: serba melanggar aturan
Hedonistik: serba mau enak, foya-foya
Materialistik: serba benda, diukur



Dan mereka bekerja dengan leluasa, karena tidak ada rasa malu lagi dalam panca indera

Dengan mengusung nilai permisif, serba boleh begitu-begini
Hak orang lain diambil, tanpa rasa malu lagi
Populernya ini disebut korupsi
Dan menjadilah negeri ini menduduki papan atas di dunia koruptif kini
Karena rasa malu terkikis nyaris habis

Nilai permisif yang serba boleh itu menyebabkan hak penggunaan kelamin orang lain
Diambil dicuri tanpa rasa isi
Karena rasa malu sudah sangat erosi

Perilaku adiktif, serba kecanduan di negeri kita ini
Melingkupi alkohol, nikotin, narkotika dan pornografi
Dilakukan orang karena rasa malu yang makin kerdil mengecil

Tingkah laku brutalistik, serba kekerasan
Menyebabkan wajah Indonesia tak lagi ramah dan sopan

Sedikit-sedikit murka, kepalan teracung, kata-kata nista
Menggoyang pagar, merusak kantor, membakar kendara
Bringas, ganas, sampai membunuh sesama bangsa
Begitulah rasa malu sudah habis dan sirna

Kelakuan transgresif, serba melanggar peraturan
Mengakunya progresif, pelopor kemajuan
Tapi sejatinya transgresor, melangkahi merusak tatanan
Mendobrak tabu kepada yang muda diajarkan
Karena rasa malu sudah hancur berantakan

Perilaku hedonistik, serba mau enak dan foya-foya
Memperagakan kekayaan di lautan kemiskinan
Empati jadi direduksi luar biasa
Karena rasa malu sudah raib ke angkasa

Kelakuan materialistik, serba benda
Segala aspek kehidupan diukur dengan uang semata
Cengkeramannya makin terasa dalam perilaku hidup kita
Karena rasa malu akan kita cari kemana

Inilah adegan kehancuran budaya bangsa kita
Salah satu sebab utama, dari banyak faktor yang dapat dieja
Yang sepatutnya kita sebut sambil menangis

Di dalam praktik di masyarakat kita hari ini
Terutama berlangsung sejak Reformasi
Tak ada sosok dan bentuk organisasi resminya
Tapi jaringan kerjasamanya mendunia,
Kapital raksasa mendanainya,
Ideologi gabungan melandasinya
Dengan gagasan neo-liberalisme sebagai lokomotifnya
Dan banyak media massa jadi pengeras suaranya
Dan tak ada rasa malu dalam pelaksanaannya
Inilah Gerakan Syahwat Merdeka
Dan pornografi salah satu komponen pentingnya.




Tuhan 9 Cm.            ( TAUFIQ ISMAIL )

Indonesia adalah sorga luar biasa ramah bagi perokok,
tapi tempat siksa tak tertahankan bagi orang yang tak merokok,
Di sawah petani merokok,
di pabrik pekerja merokok,
di kantor pegawai merokok,
di kabinet menteri merokok,
di reses parlemen anggota DPR merokok,
di Mahkamah Agung yang bergaun toga merokok,
hansip-bintara-perwira nongkrong merokok,
di perkebunan pemetik buah kopi merokok,
di perahu nelayan penjaring ikan merokok,
di pabrik petasan pemilik modalnya merokok,
di pekuburan sebelum masuk kubur orang merokok,
Indonesia adalah semacam firdaus-jannatu-na’im
sangat ramah bagi perokok,
tapi tempat siksa kubur hidup-hidup bagi orang yang tak merokok,
Di balik pagar SMU murid-murid mencuri-curi merokok,
di ruang kepala sekolah ada guru merokok,
di kampus mahasiswa merokok,
di ruang kuliah dosen merokok,
di rapat POMG orang tua murid merokok,
di perpustakaan kecamatan ada siswa bertanya
apakah ada buku tuntunan cara merokok,
Di angkot Kijang penumpang merokok,
di bis kota sumpek yang berdiri yang duduk
orang bertanding merokok,
di loket penjualan karcis orang merokok,
di kereta api penuh sesak orang festival merokok,
di kapal penyeberangan antar pulau penumpang merokok,
di andong Yogya kusirnya merokok,
sampai kabarnya kuda andong minta diajari pula merokok,
Negeri kita ini sungguh nirwana
kayangan para dewa-dewa bagi perokok,
tapi tempat cobaan sangat berat
bagi orang yang tak merokok,
Rokok telah menjadi dewa, berhala, tuhan baru,
diam-diam menguasai kita,
Di pasar orang merokok,
di warung Tegal pengunjung merokok,
di restoran di toko buku orang merokok,
di kafe di diskotik para pengunjung merokok,
Bercakap-cakap kita jarak setengah meter
tak tertahankan asap rokok,
bayangkan isteri-isteri yang bertahun-tahun
menderita di kamar tidur
ketika melayani para suami yang bau mulut
dan hidungnya mirip asbak rokok,
Duduk kita di tepi tempat tidur ketika dua orang bergumul
saling menularkan HIV-AIDS sesamanya,
tapi kita tidak ketularan penyakitnya.
Duduk kita disebelah orang yang dengan cueknya
mengepulkan asap rokok di kantor atau di stopan bus,
kita ketularan penyakitnya.
Nikotin lebih jahat penularannya
ketimbang HIV-AIDS,
Indonesia adalah sorga kultur pengembangbiakan nikotin paling subur di dunia,
dan kita yang tak langsung menghirup sekali pun asap tembakau itu,
Bisa ketularan kena,
Di puskesmas pedesaan orang kampung merokok,
di apotik yang antri obat merokok,
di panti pijat tamu-tamu disilahkan merokok,
di ruang tunggu dokter pasien merokok,
dan ada juga dokter-dokter merokok,
Istirahat main tenis orang merokok,
di pinggir lapangan voli orang merokok,
menyandang raket badminton orang merokok,
pemain bola PSSI sembunyi-sembunyi merokok,
panitia pertandingan balap mobil,
pertandingan bulutangkis,
turnamen sepakbola
mengemis-ngemis mencium kaki sponsor perusahaan rokok,
Di kamar kecil 12 meter kubik,
sambil ‘ek-’ek orang goblok merokok,
di dalam lift gedung 15 tingkat
dengan tak acuh orang goblok merokok,
di ruang sidang ber-AC penuh,
dengan cueknya,
pakai dasi,
orang-orang goblok merokok,
Indonesia adalah semacam firdaus-jannatu-na’im
sangat ramah bagi orang perokok,
tapi tempat siksa kubur hidup-hidup
bagi orang yang tak merokok,
Rokok telah menjadi dewa, berhala, tuhan baru,
diam-diam menguasai kita,
Di sebuah ruang sidang ber-AC penuh,
duduk sejumlah ulama terhormat merujuk
kitab kuning dan mempersiapkan sejumlah fatwa.
Mereka ulama ahli hisap.
Haasaba, yuhaasibu, hisaaban.
Bukan ahli hisab ilmu falak,
tapi ahli hisap rokok.
Di antara jari telunjuk dan jari tengah mereka
terselip berhala-berhala kecil,
sembilan senti panjangnya,
putih warnanya,
ke mana-mana dibawa dengan setia,
satu kantong dengan kalung tasbih 99 butirnya,
Mengintip kita dari balik jendela ruang sidang,
tampak kebanyakan mereka
memegang rokok dengan tangan kanan,
cuma sedikit yang memegang dengan tangan kiri.
Inikah gerangan pertanda
yang terbanyak kelompok ashabul yamiin
dan yang sedikit golongan ashabus syimaal?
Asap rokok mereka mengepul-ngepul di ruangan AC penuh itu.
Mamnu’ut tadkhiin, ya ustadz.
Laa tasyrabud dukhaan, ya ustadz.
Kyai, ini ruangan ber-AC penuh.
Haadzihi al ghurfati malii’atun bi mukayyafi al hawwa’i.
Kalau tak tahan,
Di luar itu sajalah merokok.
Laa taqtuluu anfusakum.
Min fadhlik, ya ustadz.
25 penyakit ada dalam khamr.
Khamr diharamkan.
15 penyakit ada dalam daging khinzir (babi).
Daging khinzir diharamkan.
4000 zat kimia beracun ada pada sebatang rokok.
Patutnya rokok diapakan?
Tak perlu dijawab sekarang, ya ustadz.
Wa yuharrimu ‘alayhimul khabaaith.
Mohon ini direnungkan tenang-tenang,
karena pada zaman Rasulullah dahulu,
sudah ada alkohol,
sudah ada babi,
tapi belum ada rokok.
Jadi ini PR untuk para ulama.
Tapi jangan karena ustadz ketagihan rokok,
Lantas hukumnya jadi dimakruh-makruhkan,
jangan,
Para ulama ahli hisap itu terkejut mendengar perbandingan ini.
Banyak yang diam-diam membunuh tuhan-tuhan kecil yang kepalanya berapi itu,
yaitu ujung rokok mereka.
Kini mereka berfikir.
Biarkan mereka berfikir.
Asap rokok di ruangan ber-AC itu makin pengap,
dan ada yang mulai terbatuk-batuk,
Pada saat sajak ini dibacakan malam hari ini,
sejak tadi pagi sudah 120 orang di Indonesia mati karena penyakit rokok.
Korban penyakit rokok
lebih dahsyat ketimbang korban kecelakaan lalu lintas,
lebih gawat ketimbang bencana banjir,
gempa bumi dan longsor,
cuma setingkat di bawah korban narkoba,
Pada saat sajak ini dibacakan,
berhala-berhala kecil itu sangat berkuasa di negara kita,
jutaan jumlahnya,
bersembunyi di dalam kantong baju dan celana,
dibungkus dalam kertas berwarni dan berwarna,
diiklankan dengan indah dan cerdasnya,
Tidak perlu wudhu atau tayammum menyucikan diri,
tidak perlu ruku’ dan sujud untuk taqarrub pada tuhan-tuhan ini,
karena orang akan khusyuk dan fana
dalam nikmat lewat upacara menyalakan api
dan sesajen asap tuhan-tuhan ini,
Rabbana, beri kami kekuatan menghadapi berhala-berhala ini.

Jumat, 12 November 2010

Jangan Kecil ati.....negeriku..............

Meskipun didera bencana sejak awal pemerintahan periode pertamanya Pemerintahan negara ini tetap berjuang.....karena dia SUDAH BERJANJI PADA DIRINYA SENDIRI...........

KITA AKAN BEKERJA KERAS..........



seorang administrator pada sebuah mailing list terkemuka di Indonesia mengedit video dari sebuah film tentang kejatuhan Hitler, " Der Untergang" ( 2004) dan membuatnya sebuah parodi. klip video itu  diganti teksnya dengan bahasa indonesia....

Rabu, 20 Oktober 2010

Kais Dukes dan Artificial Intelligent ( I )

Praktisi IT yang satu ini tidak akan habis dibicarakan dalam satu kali ulasan.  Saya menemukan profilnya, pagi ini ketika menelusuri satu ayat dari Kitab suci dan mencari rujukannya di  http://corpus.quran.com/


Satu hal yang saya kagum adalah ternyata dia salah satu dari sekian peneliti  di University of  Leeds - UK di bidang Kecerdasan Buatan - salah satu bidang IT yang paling maju - dan juga paling revolusioner. dalam bahasa mudahnya  kecerdasan buatan adalah bidang IT yang niscaya membuat komputer dapat berpikir dan bertindak seperti manusia.
 Salah satu Penelitian terakhirnya adalah penerapan kecerdasan buatan pada komputasi bahasa arab - mestinya - bahasa ibu-nya - Tujuan akhir penelitian adalah untuk menghasilkan suatu sistem dialog cerdas yang mampu menjawab pertanyaan sederhana dalam bahasa Inggris tentang pengetahuan yang terkandung dalam ayat-ayat Alquran.  Untuk mencapai hal ini, satu set tahapan direncanakan dalam penelitian ini, dengan setiap tahap menjadi mandiri dan berguna - deliverable dalam dirinya sendiri untuk bahasa Arab dan komunitas penelitian studi Alquran.

Rabu, 15 September 2010

Hidangan Khas Lebaran di rumah kami.

Pemetikan

Perebusan

bentuk buah utuh

Pengupasan dan proses pelembutan

 Bahan baku manisan buah atap

 
 Sortasi 
 sebelah kiri buah yang tua - sebelah kanan buah yang muda


buah atap siap diproses menjadi manisan

 
pengolahan manisan buah atap

 
 Manisan buah atap  a.k.a  KOLANG-KALING

Kolang-kaling - menurut wikipedia mempunyai manfaat sebagai makanan Diet, saya juga tidak paham darimana dasar penulisan yang dipakai Artikel tersebut, tapi yang jelas bahan pangan satu ini memang identik dengan pelengkap kolak pisang.  Rasanya yang hambar-terkadang teksturnya alot-baunya kadang-kadang pesing, tapi entah kenapa selalu saja dicari orang bila bulan ramadhan tiba.
Predikat yang disandangnya belum lagi ditambah pelengkap penderita - bahwa sejak proses pemetikannya, buah ini mendatangkan siksaan bagi pemanennya. Kenapa bisa..? 
Buah pohon Aren ( Arenga pinnata  )  ini secara alamiah diliputi miang atau bulu-halus  yang bila terkena kulit akan membuat gatal-merah dan sensasi panas  sama seperti miang bambu.  Kejutan inilah yang dipakai sang senuiman Mahar dalam tarian afrikanya di Laskar Pelangi dan mengantarkan mereka jadi juara Karnaval ( Laskar Pelangi - September 2008)

                        Senimankampong -  Mahar

Belum lagi proses pembakarannya untuk menghilangkan bulu miang tersebut, ada pula proses lain - ditelan direbus utuh bersama kulitnya , proses ini biasa dilakukan di Aceh-Takengon.
Di pulau Jawa proses pembakarannnya dilakukan secara massal, tandan buah yang panjangnya rata2 dua meter itu langsung dipanggang diatas tumpukan kayu bakar yang menyala atau arangnya, dan dibakar sampai hitam legam.Bentuk buah yang sama seperti kelapa membuat daging/biji buahnya terlindungi dari api.
Proses selanjutnya pengupasan buah yang dilakkan harus dengan sarung tangan,  tempurungnya yang sangat keras - membuat proses panen buah ini memang betul-betul menguras sumur tenaga.
buah yang keras dan tua dilunakkan dengan dipukul2 dengan palu sampai memar dan kadang pecah.
lalu perendaman dilakukan untuk makin melunakkan daging buah yang keras itu.
Dari pengepul kolang kaling, pedagang pasar biasanya membeli dalam drum-drum besar untuk disortir ukurannya lalu dijual lagi dalam ukuran dan harga berbeda-beda.
Sampai di dapur, Kerepotan yang ditimbulkan bukannya berkurang,  pengolahannya harus dilakukan dengan seksama - keliru proses pembersihan - yang membuat buah tidak higienis - akan menkjadikan manisan kolangkalingnya beraroma kecut .
Setelah Ibu saya - pemilik resep pusaka ini sudah tiada - sudah setahun sejak saya berhenti membantu pembuatannya. Tahun ini saya membuat lagi  -Sendiri- manisan yang kedatangannya ditunggu banyak keluarga diJogja, Jakarta,Bekasi. kenapa bisa?
Alasannya selalu saja manisan ini yang dibawa Ibu saya jika berlebaran Ke Jogja - Ke tempat Kakak beliau yang tertua, dimana semua cucu dan cicit berkumpul dari berbagai kota - tumpah disana. Dan oleh empunya rumah hidangan ini disuguhkan di meja tamu, sejak bertahun-tahun lalu.
Jadi pasti tamu- tamu disana juga tahun lalu merasa pasti ada yang kurang di meja tamu Kakeknya di Jogja.
Tahun ini tentu saja saya membuat lagi manisan kolang-kaling yang terkenal itu, jumlahnya juga seperti tahun-tahun sebelumnya - Limabelas Kilogram -  dan semuanya didistribusikan .........untuk bingkisan lebaran.
Dan tentu saja semua keluarga yang menerimanya -sangat surprised, bahkan Oma Darmstater tertawa lebar, sambil menyelidik... 
" Darimana  J i j  tau cara bikinnya , Nyo.( sinyo - panggilan Oma ke saya )..?
" Ya Iyalaah.....dari dulu kan emang gitu, Oma........".
Manisan kolang-kaling adalah khasanah kuliner Melayu Deli, dan Tapanuli Selatan, di daerah asalnya, manisan buah untuk Idul Fitri berasal dari buah-sayur ,bunga lokal, seperti Pala,buah enau,pepaya, jambu biji.
kreativitas ibu- ibu zaman dululah yang menciptakan buah-buahan ini jadi manisan pala, manisan jambu,manisan buah enau, manisan bunga pepaya ( bunga pepaya yang pahit itu dibuat manisan...?....yak betulll !!!)
Pertanyaaannya adalah apakah di daerah asalnya tradisi ini masih ada atau sudah punah ditelan zaman..? karena pembuatnya sudah tak ada lagi...

 Demikianlah, menurut saya - " Kenangan manis dan Kenangan pahit - akan melekat di ingatan kita sampai akhir hayat. Mensikapinya sebagai Anugerah, akan membantu kita untuk memperbaiki diri dan meluruskan niat kita untuk menjadi pribadi yang lebih matang."
Selamat Lebaran......

Senin, 23 Agustus 2010

Kisah waktu Fajar yang berhenti. sejenak .....

Ali dengan LElaki Tua 

Ketika waktu shubuh telah tiba, Ali bin Abi Thalib nampak tergesa-gesa. Ia tak ingin ketinggalan jamaah shalat shubuhnya. Sayang, seorang lelaki tua yang berjalan sangat lamban menghambat langkah Ali. Demi menghormati orang tua,Ali hanya membuntut di belakangnya.

Tentulah Ali sangat khawatir tak bisa shalat jamaah
bersama Nabi. Ketika ia tahu bahwa si Tua tadi tidak memasuki Masjid, baru sadar ia bahwa si Tua tadi beragama Nasrani. Ketika Ali masuk masjid, ia mendapati Rasulullah SAW. tengah ruku'. Itu artinya Ali masih punya kesempatan mengejar shalat tersebut. Ali lalu berjamaah bersama mereka. Ketika shalat telah usai, para sahabat bertanya kepada Nabi. "Apa yang terjadi wahai Rasul, sehingga Anda memperpanjang Ruku' shalat ini. Anda tak pernah melakukan hal seperti ini."


Rasulullah menjawab, "Ketika ruku' dan tengah kubaca Subhana Rabbiyal Adziimi seperti biasanya, maka aku bermaksud mengangkat kepalaku. Tetapi Jibril datang dan menggelar sayapnya diatas punggungku. Lama sekali. Ketika ia mengangkat sayapnya barulah aku bisa berdiri mengangkat kepala." "Mengapa bisa terjadi?" tanya salah satu sahabat. "Aku tak sempat menanyakan hal itu," jawab Nabi. maka Jibril datang menemui nabi. Lalu berkata, "Wahai Muhammad! Tadi Ali tergesa-gesa agar bisa ikut berjamaah. Tapi seorang Nasrani tua menghambat jalannya. Ali tak tahu kalau ia nasrani. Ia biarkan orang tua tadi berjalan didepannya. Maka Allah menyuruhku supaya engkau tetap ruku' agar Ali bisa menyusul shalat shubuhmu. Ini tak mengherankan buatku. Yang mengherankan bahwa Allah memerintahkan malaikat Mikail As. untuk menahan perputaran matahari dengan sayapnya, sehingga tenggang waktu terbitnya lebih lama. Ini tentulah karena perbuatan Ali tadi." Kemudian Nabi bersabda, "Inilah derajat orang yang memuliakan orang tua usia lanjut.  ."

Kamis, 12 Agustus 2010

Makan siang - Kantin Sekolah Mancanegara

Seorang Mahasiswa di RRC bertukar foto dengan  teman2nya di beberapa negara tentang makanan kantin kampus mereka, dia kemudian mengirimkannya ke forum milis (http://tt.mop.com/read_4734993_1_0.html) dan di bawah ini adalah menu-menu mereka, bagaimana menurut anda..? :


makanan kantin kampus di RRC (1) - buset dah...  nasinya  porsi becaX


makanan kantin kampus RRC (2)

 

makanan kantin kampus di eropah ( roti -sup jagung)


makanan kantin kampus di Prancis  ( itu buah pinus....yah..?)


makanan kantin kampus di Prancis (2)  (yang ini europies bangeet...roti-kentang-keju-ham)

 
makanan kantin kampus di India  
( kayaknya bukan deh..biasanya di India hidangan seperti ini biasanya buat fakir miskin...salah upload nih....)


makanan kantin kampus Korea..( wess..ada ikan pindang.....)

 
makanan kantin Jepang  ( itu nori apa rumput kering...)


makanan kantin Jepang (2) ( modif kayaknya...pake krim segala......)


makanan kantin Jepang (4)


makanan kantin Kanada  (hotdogs....biasa ajah...)


makanan kantin Kanada  (popia  kok dresssingnya krim stoberi...?.....)


makanan kantin Korea (2) ( pake sendok-sumpit + yakult...)



makanan kantin Korea (3)  ( yang ini kayak rangsum tentara....heheh)



makanan kantin US ( kontes di WEB)


makanan kantin di Swedia  ( potongane kayak nasi Warteg..eh ada Crackernya )

 
makanan kantin di US (3) (kayak jatah tentara Irak gini......makanan awetan semua  hoeekk...)

 
makanan kantin di US (4) ( lumayaan.......timbang gak ada )



makanan kantin di US (5)


makanan kantin di US ( 6)


makanan kantin di US (7)  (bolognaise..ya...)


makanan kantin US (8)


makanan kantin di US (9)


jajanan di sekolah Indonesia Mie sagu - Mie bakso dll


 
murid sekolah  Indonesia selalu tidak diawasi makanan dan kesehatannya.

Satu hal yang sampai hari ini saya belum faham,  sejak kecil saya jajan di sekolah dan selalu lihat di televisi tentang kantin sekolah di luar negeri- murid-muridnya tidak pernah membayar makanan mereka, alias  gratis, - bener ndak ya...?. saya belum punya keterangan tentang hal itu
Tapi jika pemerintah kita sudah mengalokasikan jatah APBN 20 % untuk pendidikan - HARUSNYA- masalah asupan makanan untuk murid-murid sekolah ini juga mestinya diperhatikan.
 Seorang Praktisi Gizi di US - Amanda M.Fairbanks - dalam situs webnya membuat kontes tentang makanan kantin sekolah. Dia yang juga berperan sebagai dewan komunitas di sekolah melombakan makanan kantin senilai $ 5 USD ( hampir rp 50.000,- ) . Setidaknya di Indonesia juga sudah ada komisi sekolah- yang anggotanya donatur-donatur sekolah - harusnya merekalah yang berperan besar memaksa sekolah2 - apalagi yang berlabel Internasional untuk menyediakan kantin gratis di  sekolah.

Sebetulnya apa ya yang ada di Kepala Dinas Pendidikan  Indonesia.....?