Sabtu, 12 September 2009

tor soro : mitos yang menyelamatkan suatu species



Ketika suatu keadaan membuat suatu hal menjadi hampir pasti menuju ketiadaan, maka mitos kadang dapat menyelamatkan mereka.  Hal ini terbukti pada satu jenis species ikan di asia ; Tor Soro.
Ikan yang hidup di perairan air deras sepanjang sungai- sungai di Asia ini sebenarnya sudah masuk daftar satwa terlarang untuk diburu, harus dilestarikan.
Namun kondisi di alam yang memang sulit untuk dibudidayakan, maka di Tapanuli selatan, perbatasan selatan- sumatera utara species ikan ini dilindungi di wilayah bernama Lubuk larangan ( prohibited riverbed ) , di Kuningan- Jawa Barat, species ini dilindungi mitos sebagai reinkarnasi pasukan majapahit yang dikutuk dewa, JADI IKAN DEWA dan sepertinya sudah berbiak secara alami dan dimanfaatkan penduduk sebagai  fish spa alami.  di Pedalaman Padang - species ikan ini dilindungi "tulah" atau kutuk yang akan mengenai siapa saja yang berani sembarangan mengambilnya......hmhhh.....jenius juga.
Tapi kenapa di semenanjung malaya, mereka berhasil membuat sanctuary ikan species ini, itu yang saya heran. Dan sudah menjadi bagian dari wilayah perlindungan kementrian perikanan mereka, dan di Namthok Phlio -Thailand; ikan jurung ini jadi artis pengisi wisata bahari di sungai2 disana - percaya atau tidak. Berarti  menterinya kerja - kesimpulan  saya begitu. thanks to Ben@Flickr for amazing pictures

Tidak ada komentar:

Posting Komentar