Kamis, 18 Februari 2010

teknologi pengenalan sidik jari II

Kepastian Identifikasi Jenazah Noordin MT pada penggerebekan pasukan elite Den AT 88 di Mojosongo beberapa waktu lalu dipastikan dengan positif identifikasi yang didapatkan forensik - bahwa terdapat 14 kecocokan -identik dengan salinan sidik jari dari polisidiraja Malaysia dan salinan DNA anak dan istri Noordin MT.


Bahwa informasi tersebut didapatkan dari forensik  kepolisian RI, tentu saja dapat dipastikan, berbeda dengan kejadian di Bali yang memerlukan waktu lama.Salah satunya adalah sumbangan Polisi Federal Australia untuk menghibahkan laboratorium DNA kepada kepolisian RI.  Laboratorium DNA itu sendiri sejak 2 tahun lalu sudah disiapkan kepolisian RI dengan tenaga internal Polri, kedokteran forensik dan bidang biologi molekuler.

 
Tentu saja identifikasi sidik jari dengan teknologi biometrik, dewasa ini sudah dikembangkan perusahaan terkemuka untuk menjadi perangkat keamanan di bangunan tertentu atau akses kepada ruangan - lemari pengaman - berkas dengan kerahasian tinggi atau hal lainnya. Teknologi terobosan lain yang diterapkan Pemkab Bali baru-baru ini adalah E-Voting yang dibicarakan banyak pihak   termasuk pejabat di Senayan. 
Semoga kekhawatiran kecurangan Pemilu 2014 bisa diatasi, sebab siapapun yang dapat membongkar kecurangan IT pemilu 2009 sebenarnya dapat meniadakan apa yang kita dengar akhir-akhir ini di PANSUS DPR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar