Rabu, 20 Januari 2010

"wah...enak yang disana mas.."

Jawaban itu muncul dari teman saya mas Tyo, waktu kami ngobrol soal es Durian . Tempat yang kami obrolkan adalah warung es durian Purbalingga. di tempat aslinya - Purbalingga - tempatnya memang agak jauh dari pusat kota. Dan yang dimaksud judul diatas itu adalah es durian di alun-alun kota Purwokerto. Mas Tyo menggambarkan bagaimana durian - Hanya diambil daging buahnya dan dipisahkan dalam panci - untuk bahan dasar es "galak" itu. saya tergelak, membayangkan kilo kalori-dan level kolesterol yang eksesif sesudah menikmati minuman 'durhaka' itu.
membicarakan durian di musim buah tropis seperti sekarang ini- Oktober sampai Februari, setidaknya mengingatkan masa kecil saya. Usia lima tahun saya mengalami mabuk durian untuk yang pertama. di pojokan teras belakang -jongkok-kepala puyeng dan isi perut keluar semua. tapi sensasi itu untungnya tidak pernah terulang. sampai usia saya setua ini -untungnya- belakangan saya tidak lagi menjadi durian freak.
setahun yang lalu chek up di klinik di pusat kota, saya memilih hanya dua hal yang diperiksa, kolesterol dan asam urat, ternyata- benar- , kadarnya diatas ambang batas. Berbahagialah siapa saja yang dietnya tidak berpantang makan apapun.
dan mitos -ganasnya- efek durian terhadap hipertensi dan kolesterol memang kadang tidak begitu saja saya percayai, tapi kenyataannya - beberapa kasus serangan stroke ringan yang sangat mendadak - membuktikan hal itu.
seperti istilah mbak Manda " Ngaciirr dulu sebelum menuruti hawa nafsu " , daripada kehujanan mending sedia payung.
Ada yang mau saya sampaikan tentang kadar kolesterol, bila anda termasuk yang kewalahan mengatasinya, silakan mencoba daun Beluntas/Bluntas ( Pluchea indica L.) yang biasa ditanam sebagai tanaman pagar, dilalap atau mengkonsumsi dalam bentuk kapsul yang sudah dijual.
informasi umum selama ini daun bluntas hanya dipakai sebagai penghilang bau badan dan penurun panas.
daun Beluntas ternyata efektif menormalkan kadar kolesterol bila dikonsumsi dalam waktu yang cukup singkat - sebulan.

2 komentar:

  1. wah durian !!!!*menggilaaaa.

    Aku doyan, aku pernah makan 15 butir durian. Sendiri !!!! hehehe. Mari ngono aku mumet sedino, nggak tangi-tangi.

    Soal beluntas, wah informasi bagus neh.Cuma bentuk kapsul nyari dimana ya???

    BalasHapus
  2. di solo ada mbak...telpon tinggal kirim katanya

    copy paste aja ya.....:

    http://shirath.wordpress.com/2008/12/27/180/.

    BalasHapus