Kamis, 03 April 2008

TRAVEL TIP

Berikut ini trik dan tip dalam bepergian dengan berhemat atau dengan kata lain tidak menguras dompet / kartu kredit.

1. Manfaatkan perang harga maskapai penerbangan dengan mencari situs2 penerbangan berbasis low-fare. keyword: "low cost airlines", salah satunya:
HTTP: //lowcostairlineseurope.org

2.Manfaatkan komunitas backpacker lokal/global untuk memperoleh penginapan nyaman termurah.Hostel atau guest house adalah pilihan terbaik. Hotel berbintang hanya akan menghabiskan limit kartu kredit. guest house di jogja tidak akan berbeda jauh harganya dengan sebuah Hostel di Berlin, dengan double bed dan dapur pribadi. sebuah situs malah menyarankan anda mencoba untuk menginap di komplek Biara. Situs itu menjelaskan Penghuni komplek biara selalu terbuka menerima pengunjung dengan agama berbeda.Umumnya biara tidak menetapkan tarip tertentu, tapi menerima sumbangan sukarela yang diberikan tamu sekedar biaya perawatan fasilitas penginapan.

3.untuk urusan perut anda perlu sedikit kreativitas. Selalu mencari informasi tentang harga makanan dan minuman tempat yang akan anda kunjungi. harga satu set menu sarapan pagi biasanya lebih murah daripada satu set menu makan siang atau makan malam. JANGAN LEWATKAN SARAPAN PAGI ANDA, usahakan untuk makan sampai kenyang pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Makan pagi dengan porsi besar biasanya akan memberi cukup energi sampai tiba saat makan malam sementara untuk siang hari anda cukup membeli makanan ringan atau buah. Jika hotel tempat anda menginap menyajikan all you can eat buffet breakfast, jangan sia-siakan kesempatan ini, bahkan untuk membawa "sedikit bekal" untuk
bekal makan siang anda, NAMUN tidak semua hotel mengizinkan tamu melakukan ini, KECUALI jika mereka tidak tahu, yang penting anda tetap di-charge kan?

Usahakan untuk selalu menemukan jenis MAKANAN LOKAL yang dapat diperoleh dengan mudah dan murah. soalnya makanan yang tampak sepele dirumah anda mungkin jadi produk makanan mewah di negeri lain. Dan di setiap kota di seluruh dunia terdapat pasar tradisional maupun supermarket yang menyediakan makanan lokal maupun siap saji yang pasti lebih murah dibandingkan makanan di restoran. Satu hal lagi, anda akan mendapatkan gambaran tentang suatu masyarakat dan bagaimana kehidupan mereka, dengan mendatangi pasar tradisional, makanan yang mereka makan, barang2 yang diperdagangkan disana. pengalaman anda tentang mereka akan menjadi lebih kaya dengan cara seperti tadi.


"menjauh dari kerumunan turis"

Di pusat turisme, restoran dan cafe biasanya memasang harga selangit. maklum, biasanya turis dianggap selalu siap menghambur2kan uang. Kita bisa tanya kepada petugas penginapan atau supir taksi, dimana mereka biasa makan - dengan cara ini kita bisa memperoleh pilihan restoran atau cafe dengan harga miring.Dan biasanya letaknya tidak jauh dari "pusat kerumunan" turis.

"Pergunakan sebaik2nya transportasi massal"

seperti halnya TJ di Jakarta dan MRT di KL, keretaapi2 lainnya di negara lain juga punya tiket terusan, ...maka pergunakan semaksimal mungkin dengan mencermati tujuan wisata anda berikutnya. Jangan pergunakan alat transport mahal bila ada yang murah YA TOH...!!

atas ijin dari mistertur.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar