Kamis, 15 Juli 2010

Kupat Bongkok Pak Darkom

KUPAT Bongkok merupakan salah satu makanan khas dari Tegal, makanan ini berasal dari Desa Bongkok, Larangan Surodadi. sudah populer di berbagai daerah, dengan cita rasa masakan yang terbuat dari bahan tempe dan bisa ditemukan di Warung Pak Darkom (35) di pinggiran Gedung Bani Saleh, tepatnya Alun-Alun Tegal.
kupat Bongko'

Sekilas, makanan ini terkesan sangat aneh dan unik apabila didengar dari namanya. Namun, setelah mencicipi masakan kupat bongkok akan terasa lebih enak dan sangat ketagihan untuk menambah.

Warung Kupat Bongkok milik Pak Darkom (35) sudah hampir 15 tahun menjajakan dagangannya disana. Ia mulai berjualan dari pukul 5 pagi hingga pukul 12 siang.

"Ada tiga jenis menu makanan yang dijajakannya. Mereka adalah kupat bongkok, bubur ayam dan lontong opor. Itu dilakukan agar masyarakat tidak merasa bosan, sehingga bisa mencoba menu-menu lain yang disajikan di dagangannya. Ketiga makanan tersebut harganya sangat murah dan terjangkau. Harga satu porsi kupat bongkok Rp 3.000, bubur ayam Rp 4.000 dan lontong opor Rp 5.000, "katanya.

Ia menjelaskan, jenis makanan kupat bongkok dihidangkan dalam mangkok, menunya terdiri dari potongan lontong ditambah olahan tempe yang sudah dibusukkan (tempe semangit), sambal goreng, kerupuk, taoge, plus pelengkap kecap, sambal, serta kuah dari air rebusan tempe.

"Cita rasa dari masakan tersebut, terdapat pada tempe semangit atau tempe yang telah dibusukkan, sehingga tampak aroma yang sangat lezat. Selain itu, untuk lebih terasa enak dan menggoda selera, makanan jenis ini bisa dilengkapi dengan mendoan gorengan," terangnya.

Ditambahkannya, warung miliknya selalu tampak ramai dikunjungi oleh para pengunjung. "Hal itu dibuktikan, dalam sehari dari semua penjualan menu ini dan lainnya memperoleh pendapatan sekitar Rp400 ribu. Sementara, pada liburan akhir pekan bisa mendapatkan lebih sekitar Rp700 ribu, karena liburan itu banyak masyarakat yang jalan-jalan di Alun-Alun dan sekalian singgah ke warungnya, "tukasnya.

( Susanti Retno / CN13 ) 
Kupat bongko beda dengan Kupat Glabed - makanan khas Tegal lainnya yang biasa dihidangkan dengan kuah kental( maizena) berbumbu gurih dengan warna kuning dari kunyit - dulu kupat glabed dihidangkan dengan kikil, namun sekarang dihidangkan dengan sate ayam dan sate kerang yang dibumbui senada

 
kupat glabed ( glabed artinya kental / mlekoh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar