Senin, 27 Juli 2009

Danau Sentarum dan Hutan terendam Amazon

Kedua tempat itu adalah beberapa dari sedikit tempat di dunia yang mempunyai keadaan alam yang sangat UNIK , yang disebut wet lands - lahan basah. Definisi lahan basah adalah mencakup daerah rawa, payau, lahan gambut dan perairan, baik alami maupun buatan, tetap atau sementara, dengan yang tergenang atau yang mengalir, air tawar-payau dan air asin, termasuk perairan laut yang kedalamannya tidak kurang dari enam meter pada waktu air laut surut.
( Konvensi RAMSAR; 1971).
Konvensi Ramsar merupakan kesepakatan Internasional mengenai lahan basah yang memiliki arti penting secara Internasional terutama sebagai habitat burung-burung air termasuk tempat migrasi burung-burung dunia ( dari Utara ke Selatan dan Sebaliknya ). " Ramsar " sendiri merupakan nama tempat dilaksanakannya konvensi tersebut di Iran pada tahun 1971 , pertemuan internasional yang melahirkan konvensi lahan basah yang didasari pada kekhawatiran beberapa negara atas menurunnya populasi burung-burung air dan migrasi serta kondisi lahan basah, baik luasnya maupun kualitasnya, sebagai habitat burung-burung tersebut.

Danau Sentarum sudah menjadi bagian dari PETA Taman Nasional Indonesia, keberagaman hayati flora dan fauna yang dimiliki membuat tempat ini sangat kaya dengan plasma nutfah yang tidak ternilai harganya. Demikian pula dengan kawasan hutan terendam amazon di wilayah amerika selatan. Brasil membuat suatu paket travel ekowisata yang ditawarkan kepada dunia untuk menikmati tour de amazon. Salah satu paket dari tour tersebut adalah mengenalkan keanehan dari keanekaragamanhayati sungai amazon, yaitu ikan CANDIRU yang berukuran 2 mm yang biasa hidup di saluran kencing mamallia yang masuk ke dalam air ,
( dalam film hollywood pertamakali kisah ini diceritakan dengan kocak oleh Dwayne Jhonson "The Rock" yang mencari putra seorang konglomerat di belantara amazon).
Bahkan di Internet dijelaskan bahaya dan tips bila kencing sembarangan di sungai2 di amerika Selatan, ikan CANDIRU bisa masuk ke saluran kencing anda......hihihihi...serem.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar