Kamis, 16 April 2009

Bandar Pasir mandoge - hutan wisata asahan

Lokasi tempat ini ada di wilayah Kabupaten Asahan Propinsi Sumut.
ini skrinsyutnya:
koordinatnya : 2°46'7"N 99°18'57"E

wilayah ini dilalui sungai , yang membelah hutan primer di wilayah tanah jawa. Sungai ini betul2 berair deras, bahkan di beberapa wilayahnya - bandar pulau, terdapat air terjun.
sungai tersebut adalah satu dari anak2 sungai yang nanti bermuara di Tanjung balai- asahan. Rute yang ditempuh dari P.siantar - Tanah Jawa - Sei Kopas-B.P.Mandoge.
Sei Kopas sendiri adalah wilayah perkebunan sawit yang belakangan ini heboh oleh perlawanan petani lokal yang menuntut haknya pada Bakrie Sumatra Plantation yang mereka anggap merampas tanah mereka. Masuk wilayah Kbupaten Asahan, Sumut. Urutan Kota terdekat dari kecamatan bandar P.Mandoge adalah Pematang Siantar , Kemudian kota Kisaran , kota Kerang tanjung Balai.Di pertengahan tahun 1983, wilayah BP. Mandoge termasuk wilayah PTPN IV yang terpencil. Namun keadaan alamnya sangat indah, sungai air deras, air terjun, mata air yang muncul dari bebatuan jurang, batu belah yang eksotis, jalan yang kanan kirinya jurang puluhan meter, eksotis.
dan satu lagi 'suara surga' bila kita melewati wilayah hutan ini pada pagi hari: suara burung rangkong dan suar siamang yang turun ke sungai untuk minum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar