Rabu, 11 November 2009

Anomali Iklim 2009 - part II

Banjir yang melanda Lembah Red River- Winnipeg- Manitoba; wilayah Kanada, pertengahan April 2009 menjadi banjir terparah dalam 100 tahun terakhir - dan masih belum akan berakhir.

Gelombang Panas yang melanda kota paris pertengahan bulan Agustus 2009 sempat dicatat seorang blogger. Dia mengatakan betapa gelapnya awan yang menggantung diatas kota paris namun hujan tidak kunjung datang.

Demikian pula gelombang panas yang menyerang wilayah India Utara sejak awal Juni 2009, dan terus berulang hingga memakan korban jiwa. Keadaan kering dan krisis air ini diperkirakan berlanjut hingga bulan September 2009

Fenomena alam El-Nino di Indonesia yang terjadi sejak Juli 2009 akan mencapai puncaknya pada November 2009. Di Kab. Bandung, hal tersebut mengakibatkan 1.038 hektare lahan pertanian terancam kekeringan."Meski bukan dikategorikan berat, fenomena El-Nino berpengaruh menimbulkan kekeringan. Berdasarkan monitoring dan evaluasi dari berbagai lembaga meteorologi internasional dan informasi cuaca dari BKMG, November ini El-Nino akan terjadi dalam taraf kuat dan menjadi puncak masa kekeringan,"kata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kab. Bandung A. Tisna Umaran, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/10). Berdasarkan monitoring dan evaluasi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan
Geofisika), hujan yang terjadi sejak awal Oktober merupakan akibat dari fenomena Osilasi Madden-Julian (OMJ) dan bukan merupakan awal musim hujan. Osilasi Madden-Julian sendiri adalah fenomena osilasi/gerakan kumpulan awan dengan pola berulang 40-50 harian, yang akan hilang jika terjadi El-Nino dalam taraf kuat. Hingga akhir Oktober, fenomena OMJ akan menimbulkan hujan jika El-Nino terjadi dalam taraf lemah. Dengan demikian, di bulan November, El Nino akan memperlambat awal musim hujan yang berakibat pada mundurnya awal musim hujan 2009/2010. "Untuk wilayah Kab. Bandung diperkirakan awal musim hujan akan mundur 10-30 hari sehingga diperkirakan akan jatuh pada minggu ke-4 Oktober hingga awal November 2009," katanya. Hal lain yang tercatat adalah kelainan cuaca di bandung pertengahan Juli 2009, suhu antara siang dan malam yang sangat mencolok .

Almanak jawa kuno - pranatamangsa, yakni almanak musim yang sering dipakai petani dan nelayan Jawa tradisional dewasa ini juga seiring kelainan iklim yang terjadi- tidak lagi dapat dijadikan pegangan oleh mereka.

update(13yh nov) Badai salju di Beijing datang lebih awal, beberapa media di RRC menyebut upaya pemerintah memanipulasi cuaca ;dengan berbagai cara -merubah kondisi cuaca. Korban jiwa 38 orang, 7000 bangunan rusak dan kerugian materi tidak kurang dari 513 million $.


Kekeringan melanda Iraq bagian Selatan, menyebabkan berkurangnya pasokan listrik yang berasal dari sungai Eufrat, pasokan ikan, serta mengeringnya sumber-sumber air warga. Ribuan ekor Kanguru menyerang pedesaan di Australia sejak bulan Maret 2009. Puncaknya bulan November 2009 - kejadian ini berulang kembali. Ratusan kanguru dan Emu yang kehausan mencari sumber air, masuk ke wilayah pertanian Thargomindah- Queensland, petani wilayah tersebut mengatakan, kekeringan tahun ini merupakan yang terparah dalam 50 tahun terakhir

video klip : guardian.co.uk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar